Tips Memilih Pompa Air


Air adalah keperluan utama rumah tangga. Tak hanya keperluan vital seperti minum, masak, bersihkan, mandi ataupun kepentingan yang lain seperti bersihkan motor/mobil, siram tanaman, kolam.
Barangkali dirumah anda masuk jaringan PDAM. Namun apakah dapat diandalkan? Jaringan distribusi PDAM menyebar melalui ke banyak rumah, barulah sampai dirumah anda sehingga air yang keluar tidaklah memenuhi. Juga barangkali cuma mengalir waktu tengah malam saja.
Di Cirebon sendiri sekitar 35 % rumah tangga saja yang dapat dilayani PDAM. selebihnya terpaksa tetap mepercayakan sumber air tanah. Karenanya penggunaan pompa air tetap menguasai. Banyak juga rumah tangga yang tetap menggunakan pompa listrik, sekalipun dirumah mereka sudah dilayani PDAM.
Untuk penuhi keperluan air keseharian dalam suatu rumah, umumnya kita memerlukan minimum 1 buah pompa air untuk mendistribusi air dari sumber ke semua titik air (sumber air bisa berbentuk sumur atau bak penampungan). Untuk mempermudah konsumsi air, umumnya kita bangun tower air (toran) dengan ketinggian spesifik, maka semakin tinggi toran yang anda bangun akan semakin tinggi pula daya sembur mesin pompa anda.
Sekarang semakin banyak tipe pompa rumah tangga yg beredar di pasaran beragam merk serta jenis, buatan Eropa, Jepang, Korea, China atau produksi lokal dengan bermacam pemakaian.


Untuk menentukan tipe pompa yg pas sesungguhnya tak terlampau susah, yang utama anda  tahu berapa kedalaman sumur dan seberapa jauh jangkauannya. bila anda punya niat beli/ganti pompa dirumah anda mungkin beberapa tips berikut dapat membantu anda.

Cara Memilih Mesin Pompa Air Yang Sesuai

  • Kedalaman Air. Ukur kedalaman permukaan air dari permukaan tanah dimana pompa hendak dipasang. Info tentang kedalaman permukaan air kerapkali salah, lantaran yang kerap didapatkan dari customer yaitu kedalaman sumur bukan hanya kedalaman permukaan air. Pipa mungkin anda benamkan hingga 30 m meskipun permukaan airnya berkedalaman cuma 3 m. Apabila sumber air yang hendak anda pakai yaitu sumber air yang lama, anda bisa mengukur sendiri ketinggian air dengan memasukkan paku yang diikat dengan benang. Pikirkan kemungkinan penurunan permukaan air di musim kemarau, anda dapat menaikkan 1 – 2 m. dari pengukuran dari musim penghujan.
  • Tipe pompa. Untuk kedalaman permukaan air 7m, tentukan pompa sumur dangkal, untuk kedalaman 7 – 9 m baiknya menggunakan pompa sumur dangkal jenis semi jet pump. Apabila kedalaman permukaan sumber air anda 9 mtr., maka anda sebaiknya memakai pompa air berjenis jet pump. Dengan memakai pompa air tipe ini, maka sumur minimum mesti mempunyai diameter 4″, supaya ventury jet bisa masuk ke dalam sumur. Ciri pompa type ini memiliki 2 buah lubang sisi inletnya.
  • Spesifikasi Pompa. Dari spesifikasi pompa air, anda bisa memperbandingkan kedalaman permukaan air dengan info daya hisap. Biasanya standard yang dipakai oleh produsen pompa air yaitu kedalaman permukaan air optimal dimana air bisa terhisap. Optimal belum pasti maksimal, lantaran pada daya hisap optimal, mungkin saja anda cuma memperoleh air beberapa 1 liter, kurun waktu 1 jam. Sudah pasti ini tak efektif. Misal : Info spesifikasi daya hisap dari produsen biasanya mencantumkan 11 m. untuk tipe semi jet pump walau sebenarnya idealnya di kedalaman 7 – 9 m.
  • Voltase. Pilih pompa yang cocok dengan voltase di tempat lokasi atau rumah anda.
  • Daya Listrik serta Kedalaman. Pompa sumur dangkal berdaya listrik 125 atau 200 watt sedang semi jet pump berdaya 100 atau 250 watt, daya listrik yang semakin besar bukan hanya bermakna bisa menghisap lebih dalam. Cuma memengaruhi kemampuan. Misal : Dengan daya 200 watt, kemampuan air, dalam makna volume air yang dikeluarkan oleh pompa per jam, semakin besar dari pada yang 125 watt. Tidak sama juga dengan pompa berjenis jet pump, daya listrik yang besar mempunyai daya hisap yang lebih dalam juga.
  • Ketinggian Tower. Sampai ketinggian berapakah air bakal disalurkan. Karenanya anda butuh pelajari spesifikasi pompa. Umumnya dimaksud Keseluruhan Head. Daya dorong juga di pengaruhi oleh berapakah kedalaman hisapnya. Semakin pendek daya hisap, semakin jauh daya dorongnya.
Nah semoga beberapa tips tersebut dapat membantu anda, 

untuk konsultasi,servis dan informasi lainnya anda pun dapat  Menghubungi Kami

Cirebon Service

CIrebon Elektronik Service,Service peralatan elektronik di wilayah cirebon,indramayu,majalengka,kuningan.

0 komentar: