Mengetahui Kerusakan Lemari Es 1 pintu

service kulkas di cirebon
Lemari es yang terkadang tidak dingin membuat kita sedikit kewalahan.Apalagi jika kita menyimpan bahan makanan yang membutuhkan suhu dingin,Sudah pasti bahan makanan tersebut akan basi karena tidak tahan terlalu lama pada suhu ruangan.

Ada beberapa hal yang anda bisa anda bisa lakukan untuk mengetahui kerusakan pada lemari es anda.Berikut akan saya lampirkan bagaimana tips mengetahui kerusakan pada Lemasi Es.






1.Kompressor mati/Macet

Kompressor adalah jantung dari sebuah lemari es,Alat ini memiliki sistem pendingin sendiri dengan fungsi memompa bahan pendingin ke seluruh bagian kulkas hingga ke rak-rak kulkas. Cara kerja kompresor dibagi menjadi tiga cara. Pertama adalah sebagai alat penghisap. 

Dalam hal ini kompresor menciptakan proses yang nantinya membuat cairan refrigerant akan di kondensasi. Kedua adalah sebagai alat penekanan. Kompresor akan memproses bagian refrigerant sehingga menghasilkan gas yang dapat ditekan agar nantinya tekanan yang sudah tinggi tersebut di alirkan menju kondensor.Dengan kata lain kompresor adalah alat utama yang membuat lemari es menjadi dingin.

Ciri kerusakan pada kompressor adalah biasanya lemari es tidak dingin sama sekali.dikarenakan aliran refirgant tidak bisa mengalir sehingga tidak akan mengeluarkan dingin.Anda bisa mengetahui kerusakan pada kompresor dengan cari memagang bagian belakang atau samping lemari es,apabila terasa masih hangat atau panas,bisa jadi kompressor pada lemari es anda masih baik-baik saja.


2.Thermostat rusak/Mati

Thermostat atau temperature control ini berfungsi untuk mengontrol lemari es agar tidak terlalu dingin selain itu juga,fungsi thermostat ini adalah mencegah pembekuan pada  evaporator sehingga aliran udara tetap lancar. Thermostat biasanya berfungsi otomatis seusai suhu yang sudah diatur, namun dapat juga diatur sesuai suhu yang diinginkan. Pada beberapa kasus sering terjadi tidak tepatnya suhu yang dihasilkan pendingin bahkan bisa berada di bawah -10 derajat celcius dan menciptakan pembekuan, nah disinilah fungsi thermostat bekerja.

Ciri kerusakan pada thermostat adalah kompressor setelah beberapa lama atau sebelum lemari es dingin,bisa juga membuat kompressor mati,karena aliran listrik terputus sehingga kompressor tidak mendapat aliran listrik.


3.Freon/Refrigant habis/mampet

Bila dianatomikan seperti tubuh manusia,Freon atau refrigant seperi aliran darah.Fungi dari refriganti ini adalah menghasilkan dingin melalu perubahan tekanan yang diciptakan oleh kompresor.Penyebab lemari es tidak dingin juga bisa dikarenakan refrignt habis atau mampet.Jika aliran refrigant ini tidak lancar,maka proses pendinginan akan terhambat seh lemari es anda bisa menjadi tidak dingin.

Ciri-ciri dari kerusakan akibat freon/refrigant habisatau mampet adalah ,lemari es anda dingin tapi tidak bisa membekukan.Atau juga lemari es anda menjadi kurang dingin.Penyebabnya adalah oli dalam kompresoer masuk dan terbawa kedalam salurn pipa lalu melapisi dinding-dindingdalam pipa,sehingga dingin yang ditimbulakan dari refrigant terhambat.

Bisa juga karena bocor,Banyak sekali kasus lemari es bocordi bagian evaporator dikaarenakan evaporator tertusuk.Itu kenapa ketika tidak boleh menggunakan benda tajam ketka ingin membersihkan evaporator atau mengambil es yang ada di evaporator.


Itu adalah beberapa penyebab lemari es anda rusak atau tidak dingin.Jika ingin lemari es anda menjadi lebih awet,anda bisa juga membaca artikel 11 Tips Merawat Kulkas/Lemari Es.

Silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar.Atau jikaanda membutuhkan jasa perbaikin Lemari es,frezzer,showcase,chiller,dan lain-lain.Anda dapat menghubungi kami

Cirebon Elektronik Service

Service peralatan elektronik di wilayah cirebon,indramayu,majalengka,kuningan.Telp,WA,SMS : 081291455199

0 komentar: